Fieldtrip merupakan suatu istilah yang memiliki arti studi lapangan yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar dan melakukan trip menuju luar lapangan sekolah. Studi lapangan ini biasanya dapat dilakukan di sekitar daerah kawasan luar sekolah seperti menuju ke tempat wisata yang sudah terkenal akan tempat wisatanya dan melakukan pembelajaran langsung di lokasi tersebut. Dengan adanya kegiatan pembelajaran di luar sekolah, siswa mampu belajar lebih banyak dan mendapat pengalaman lebih dari kegiatan mereka di luar sekolah yang bisa sekaligus melatih diri sang anak untuk hidup lebih mandiri. Dapat kita lihat apabila siswa yang sering diajak Fieldtrip, mereka mampu bekerja lebih aktif, dapat belajar untuk hidup bermandiri, menyegarkan beban pikiran, menghilangakan rasa bosan dengan terus belajar di dalam kelas, belajar banyak hal tentang fakta di sekitar mereka sehingga mereka mampu memperoleh informasi lebih untuk bekal diri mereka. Para siswa juga dapat dilatih untuk bersosialisasi dengan kehidupan luar mereka untuk menjadi orang yang lebih berpengetahuan dalam kehidupan bermasyarakat. Harapannya kegiatan ini membuka mata siswa agar tak seperti katak dalam tempurung. Mereka mampu melihat kehidupan yang ada di luar kehidupan mereka sehingga mereka mampu mengambil kesimpulan atau memperoleh pengertian yang baru tentang kehidupan mereka sekarang ini. 

Fieldtrip bukanlah suatu kegiatan bagi para murid untuk bertamasya ataupun bermain saja diluar lingkungan sekolah. Namun biasanya Fieldtrip tersebut dilakukan dengan menyertakan tugas laporan yang hendak mereka cari tentang informasinya. Para murid biasanya diberi suatu kertas laporan untuk menuliskan informasi apa saja yang mereka dapatkan lalu diberi tes berupa ulangan untuk mencoba pengetahuan yang mereka peroleh dari kegiatan studi lapangan tersebut. Ada juga beberapa guru yang akan menganjurkan mereka untuk menuliskan artikel ataupun jurnal dari wilayah objek wisata yang telah mereka kunjungi sehingga adanya suatu laporan dari setiap siswa yang telah melakukan pengamatan studi lapangan. Inilah kegiatan Fieldtrip yang telah diterapkan oleh beberapa sekolah yang ada di Medan. Mungkin saja kegiatan Fieldtrip ini akan mulai berangsur dan diterapkan oleh pihak sekolah lainnya karena studi lapangan di luar sekolah ini mampu memberikan manfaat yang lebih untuk para siswanya. 

 

SMP marsudirini salah satu sekolah yang mengadakan Field Trip, dar kelas VII sampai dengan kelas IX. Setiap Jenjang mengunjungi wisata yang berbeda-beda.

FIELD TRIP KELAS VII

     

     

 

FIELD TRIP KELAS VIII

 

FIELD TRIP KELAS IX